Rabu, 02 Januari 2013

3 Idiot, Film Inspirasi Bagi Pendidikan



Film yang diproduksi di negara India ini memiliki nilai kehidupan yang banyak.. terutama tentang sistem pendidikan. Di film ini diceritakan tiga tokoh bernama Ranchhoddas Chanchad, Farhan Qureshi dan Raju Rastogi. Dalam film tersebut mereka kuliah di ICE(Imperial College of Engineering). Di sekolah.. siswa siswanya saling bersaing bersaing dan bersaing. Paham ini dikemukakan oleh guru besar sekolah itu bernama Dr. Viru Shastrabhuddi atau biasa disingkat VIRUS.  Virus adalah orang yang sangat kompetitif... dia tidak ingin seseorangpun menyainginya. Dalam sekolah ini.. Rancho selaku pemeran utama mendapatkan beberapa tantangan.. dia selalu menantang hidup. Selama bersekolah disini Rancho sering diusir dari kelas oleh guru karena sikapnya... bukan karena sikapnya yang kurang baik tapi karena selalu mengemukakan pendapat yang tidak disukai oleh guru. Padahal Rancho mengemukakan pendapat yang baik pada sekolah ini agar sekoah ini bisa lebih baik. Walaupun sering diusir... tapi Racho selalu keluar masuk kelas. Dia selalu memasuki kelas manapun yang dia inginkan. hari demi hari dilewati di sekolah ini. Seiring berjalanannya waktu, Virus mulai kesal dengan kelakuan Rancho.

Pada akhir cerita... Rancho menerima gelar murid terbaik (loh... koq bisa... murid yang dibenci guru jadi murid terbaik...Makanya liat filmnya). Setelah itu Rancho menerima ijazah dan pergi tanpa mengucapkan salam pada teman temannya. Beberapa tahun berlalu.... Chatur Ramalingam, musuh 3 idiot.. menelpon Farhan bahwa Chatur telah menemukan Rancho dan menyuruh agar pergi kesekolahnya dulu (ICE). Dengan secepat kilat dan beribu akal... Farhan pergi menjemput Raju dan dilanjutkan ke lantai atas ICE. Sampai disana... ternyata Chatur hanya menunjukan kekayaannya tapi kemudian dia menyelidiki kemana Rancho pergi. setelah berhasil menemukan tempat Rancho... merekapun pergi menemuinya. Sesampainya disana.. mereka bertemu dengan orang yang bernama Ranchhoddas Chanchad... namun rupanya itu bukan Rancho yang mereka kenal... tampang orang itu berbeda jauh dengan Rancho yang mereka kenal. Setelah bertanya tanya dengan orang tersebut... akhirnya terbongkar sudah... rupanya Rancho adalah anak seorang tukang kebun yang disekolahkan oleh majikannya... namun anak majikannya tak mau sekolah.. dan akhirnya anak tukang kebun tersebut menyamar menjadi seorang Rancho. Jadi intinya Rancho (anak tukang kebun) selama ini hanya senang sekolah di ICE sedangkan ijazah yang diterimanya dia serahkan kepada majikannya. Di akhir cerita Farhan, Raju, dan Chatur berhasil menemukan Rancho dan sekaligus mempertemukan Phia Shastrabhuddi (kekasih Rancho dan anak Viru Shastrabhuddi) dengan Rancho. Ternyata Rancho berhasil membuat sekolah idamannya.. dimana setiap murid berhak berkreatif, dan tidak mengikuti sistem yang diterapkan ICE. Sekolah tersebut tidak menciptakan robot yang hanya melakukan perkejaan sesuai prosedur.

Akhirnya semua berakhir dengan bahagia mereka semua dapat bertemu kembali. Dan nama asli Ranchhoddas Chanchad adalah Pungsu Wangdu, seorang miyader dan memiliki ratusan hak paten.

Menurut saya... Beberapa Nilai kehidupan yang bisa diambil diantaranya

 “sekolah yang baik itu... adalah sekolah yang mampu membuat muridnya menjadi pribadi yang baik.. bukan sekolah yang hanya memiliki sistem mengajar yang elit

setiap manusia harus memiliki kreatifitas karena tanpa kreatifitas manusia tersebut selamanya akan menjadi sebuah robot

kita boleh menghafal suatu hal tapi kita harus memahami hal itu........ hanya hafal... tanpa paham... maka kita akan celaka

Mohon Maaf bila ada kata yang kurang berkenan, atau merugikan beberapa pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar