Kamis, 03 Januari 2013

Teknologi Kalor Untuk Kesehatan

Kali ini saya akan membahas sebuah Metode penyembuhan penyakit yang unik. Sebenernya Info ini saya dapatkan dari Buku Fisika yang saya punya. Jadi terima kasih Buat buku Fisika! Langsung saja...

Kondisi Super Dingin Untuk Bedah Otak


      Awalnya kosnep ini hanya ditemukan pada cerita atau film sains. Kini dikamar bedah beberapa rumah sakit modern telah diterapkan teknologi ini. Para dokter bedah mendinginkan tubuh pasiennya ke kondisi mendekati kematian agar mereka dapat membedah pasien yang darahnya tidak mengalir. Kondisi fisik ini disebut Hypothermic Arrest (dari awalan Hypo- yang artinya lebih rendah dari pada Normal dan -therm, yang berarti panas atau kalor). Pada kondisi ini jantung berhenti berdetak dan sirkulasi darah berhenti. Hypothermic Arrest di bawah kondisi normal sebenernya bisa mematikan.

      Dewasa ini, Hypothermic Arrest digunakan dalam pengobatan, tujuannya agar para dokter dapat membedah otak pasien yang darahnya sedang berhenti. Seseorang dapat bertahan dari Hypothermic Arrest karena pada suhu rendah otak dapat bertahan lebih lama tanpa oksigen. 

      Pada tahun 1990, teknik Hypothermic Arrest ini digunakan di rumah sakit Columbia Presbyterian Medical Center kota New York untuk menyembuhkan aneurysm di dalam otak laki laki berumur 24 tahun. Pada penyakit aneurysm, dinding sebuah pembuluh darah membengkak, sehingga menyerupai sebuah balon kecil. Pembengkakan pembuluh darah tersebut akan menghimpit otak, menyebabkan kelumpuhan dan akhirnya kematian.

      Pada kasus pasien R.S Columbia ini, aneurysm terbenam didalam otak. Sebuah tim ahli bedah menurunkan suhu pasien sampai jantungnya berhenti berdetak. Kemudian mereka mengosongkan darah di otak dan memperbaiki aneurysm tersebut. Begitu pembedahan selesai, darah dialirkan kembali melalui badan pasien, suhunya naik, dan jantungnya mulai berdetak. Seminggu kemudian pasien dapat meninggalkan rumah sakit, bagaikan sebuah proses kematian, yang justru telah menyelamatkan nyawanya.

Suhu sangat dingin untuk melawan kanker

      Apa yang dapat dilakukan oleh kalor terhadap kanker? Para dokter telah menguji suatu cara baru untuk menggunakan Cyrosurgery untuk memusnahkan beberapa jenis kanker. Awalan cyro- berarti dingin atau membeku. cyrosurgery adalah penggunaan suhu ekstrem (sangat) dingin untuk memusnahkan jaringan yang sakit. Ini bukanlah sebuah teknik yang baru. Para dokter spesialis kulit telah menggunakan cyrosurgery selama bertahun-tahun untuk memusnahkan tumor kulit. Yang baru adalah cara dimana cyrosurgery sekarang dapat digunakan untuk memusnahkan tumor ganas di dalam tubuh.

      Ketika sel-sel kanker menyebar melalui tubuh, satu diantara organ-organ dalam yang bisa dijangkitinya adalah hati (liver). Pembedahan secara konvensional untuk kanker hati adalah rumit dan berbahaya (bahkan kadang kadang tidak mungkin dilakukan). Hanya sedikit pasien yang dapat bertahan lebih dari setahun setelah pembedahan.

      Cyrosurgery memamfaatkan sebuah peranti kecil untuk membekukan tumor. Begitu peranti tersebut dapat disisipkan ke dalam hati, peranti akan mengeluarkan nitrogen cair pada suhu kira kira -200oC untuk membekukan tumor dan membunuh sel-sel kankernya. Ahli bedah dapat mengamati proses, yang memerlukan waktu kira-kira 15 menit ini, pada suatu layar monitor ultrasonik



Sekian infonya. Mohon maaf ada katak kata yang kurang baik. Bila ada pertanyaan, silahkan tanya. Terima kasih untuk reader yang telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar